Tips Menentukan Spesifikasi untuk Memilih Web Hosting

Inetmu Tips Menentukan Spesifikasi untuk Memilih WebHosting yang Benar dan Tepat. Ketika memilih hosting Anda harus teliti dan cerdas dalam menentukan paket hosting yang tepat untuk menampung website yang Anda, karena aneh rasanya jika misalkan Anda membeli paket hosting dengan harga hingga ratusan ribu per bulannya, padahal website Anda sama sekali tidak memerlukan hosting dengan kapasitas sebesar itu.

Agar Anda tidak mengalami kejadian di atas, pada artikel ini akan menjelaskan beberapa hal yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai dasar untuk menentukan spesifikasi hosting yang tepat untuk menampung website yang Anda miliki dan dijamin dapat menghemat budget yang dikeluarkan. Berikut adalah spesifikasi yang perlu Anda perhatikan saat memilih hosting, diantaranya:

Disk
Menentukan spesifikasi untuk memilih web hosting terdapat pada diks, dan saat ini ada dua perangkat yang biasa Anda gunakan sebagai media penyimpanan, yaitu Hard Disk atau HDD dan SSD atau Solid State Drive. Berbeda dengan kegiatan ketika memakai komputer pada umumnya, sangat direkomendasikan untuk memilih server hosting yang menggunakan Solid State Drive sebagai media penyimpanan data.

Untuk performa website yang lebih baik, baik itu dalam hal kestabilan sampai kecepatan akses, SSD merupakan pilihan tepat sebagai disk drive. Perbedaan signifikan yang terlihat jelas antara HDD dan SSD adalah kecepatan akses Solid State Drive yang 8 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan Hard Disk.

RAM
Kalau prosesor dianggap sebagai otaknya, maka RAM bekerja untuk menentukan berapa banyak proses yang bisa dilakukan oleh prosesor disaat bersamaan dan sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan spesifikasi untuk memilih web hosting. Pada dasarnya RAM adalah memori. Untuk server, Anda akan membutuhkan RAM ukuran1GB atau lebih.

Baca juga:  Cara Kerja Sederhana Web Hosting

Plan VPS standar biasanya dimulai dengan ukuran 1GB, ini sudah cukup untuk sebuah website dengan traffic yang tak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa Anda hanya menggunakan beberapa mesin dan bukan seluruhnya. Anda pun dapat melihat perbedaan ini jika Anda membeli dedicated servers karena biasanya dimulai dari ukuran RAM 16GB.

CPU
Sama halnya ketika Anda komputer pribadi, penting untuk memilih CPU terbaik dan tepat dalam menentukan spesifikasi untuk memilih web hosting dengan prosesor karena itu adalah otak dari sebuah mesin. Ada dua produsen prosesor utama yang akan Anda temui di hampir setiap mesin komputer yaitu Intel dan AMD.

Anda ingin membeli hosting tidak perlu ragu ataupun merasa khawatir mengenai prosesor jika hanya ingin menghosting situs web karena cukup memilih VPS dan tidak akan memerlukan kekuatan CPU semacam itu. Apabila software yang Anda gunakan berat, Anda mungkin membutuhkan CPU dengan inti yang lebih tinggi.

Bandwidth
Bandwidth ialah batasan akses data yang pada sebuah server hosting dan salah satu faktor dalam menentukan spesifikasi untuk memilih web hosting. Jika sebuah server sudah mencapai batasan bandwidth, maka otomatis server beserta website yang ada di hosting tersebut tidak akan bisa diakses, alias down.

Bandwidth dihitung sebagai batasan akses pada data yang dihitung tiap bulannya. Jadi, misalkan bandwidth Anda di bulan Juni hampir abis, maka bandiwidth akan meriset pada tanggal 1 tiap bulannya, jadi Anda dapat menggunakannya di bulan tersebut agar website tetap bisa diakses.

Itulah beberapa tips menentukan spesifikasi untuk memilih Web Hosting yang Anda butuhkan pada spesifikasi web hosting di website Anda.

Leave a Comment