Mengenal Hosting WordPress Self-Hosted

Inetmu Mengenal Hosting WordPress Self-Hosted. WordPress self hosting merupakan wordpress yang di-hosting oleh pihak Anda sendiri melalui jasa penyedia hosting yang Anda sewa, hanya dengan mengunduh CMS wordpress dari wordpress.org. Jadi hal ini berbeda bila menggunakan wordpress.com yang masih di hosting oleh wordpress yang terikat pada aturan tertentu.

Aturan tersebut salah satunya ialah tak bisa mengganti theme secara bebas, kecuali theme yang disediakan pihak wordpress.com yang kebanyakan berbayar. Namun jika menggunakan wordpress self hosting, Anda bebas menggunakan theme gratis yang ada banyak di luar, dan mengunduhnya pun gratis.

Mungkin ada yang belum mengenal hosting wordpress self-hosted  jika wordpress itu ada 2 jenis yakni wordpress self hosted dan wordpress gratisan. Lalu apa yang berbeda? WordPress gratisan alamatnya wordpress.com sedangkan untuk self hosted di wordpress.org. Selain itu untuk self hosted Anda harus menyewa hosting atau VPS maka Anda jadi lebih leluasa menggunakan wordpress seperti menginstall plugin-plugin seo dan lain sebagainya .

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan pada WordPress Self Hosted :

Kelebihan WordPress Self Hosted

Lebih Sempurna
Jika dibanding dengan wordpress gratisan , wordpress self hosted jauh lebih sempurna dan baik. Apalagi fitur wordpress gratisan dan blogspot ini dapat di tambahkan ke wordpress self hosted.

Lebih Leluasa Mengatur Website
Dengan mengenal hosting wordpress self-hosted pada jenis wordpress self hosted Anda akan lebih leluasa untuk mengatur website mulai dari mengedit atau mengkustom widget, tema, plugin dan lain-lain. Selain itu , Anda juga bisa membuat website penjualan, website company profile dan masih banyak lagi .

Website Jadi Terlihat Lebih Profesional
Dengan memakai wordpress self hosted , web Anda akan terlihat lebih professional, jika telah di pasangi berbagai iklan dan inilah salah satu tujuan banyak orang saat membuat website. Hal ini juga untuk memonetasi website  Jika ada yang berminat untuk memasang iklan di website Anda.

Lebih Mudah untuk Optimasi SEO
Setelah mengenal hosting wordpress self-hosted  Anda pun dapat mengoptimalkan SEO. Dan SEO ini merupakan akronim dari search engine optimized yang dipercaya sebagai salah satu cara ampuh dan mudah untuk bersaing dimesin pencari Google. Kenapa lebih mudah? Karena Anda bisa menginstall plugin-plugin yang membantu SEO.

Kekurangan  WordPress Self Hosted

Membutuhkan Lebih Banyak Biaya
Menggunakan wordpress Self Hosting memerlukan domain serta hosting sendiri. Untuk mendapatkannya Anda harus membelinya. Umumnya harga hosting sekitar $2-5/bulan dan untuk domain kira-kira $15/tahun. Anda juga bisa membeli dengan harga lebih murah dengan menggunakan kode promo.

Rentan Dalam Serangan Hacker
Karena wordpress banyak penggunanya dan sangat populer, tak heran jika wordpress menjadi incaran para hacker. Biasanya hacker akan menyerang DDOS, SQL Injection, Brute Attack Force, dan lain-lain. Jika Anda mengenal hosting wordpress self-hosted Anda pasti tahu para hacker ini akan berusaha untuk bisa mendapatkan username dan password admin web yang dihack.

Sering Terjadi Masalah Server
Masalah server yang biasa terjadi adalah server downn sehingga website sulit di akses.  Hal ini terjadi karena banyak hal. Bisa jadi karena serangan DDOS atau karena terlalu banyak pengunjung. Banyaknya pengunjung sehingga server tidak kuat, ini juga bisa membuat website bekerja lebih dari seharusnya dan akhirnya website down .

Dengan mengenal hosting wordpress self-hosted maka akan memudahkan Anda untuk mengelola website Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan pada wordpress self-hosted.

Leave a Comment