7 Tipe Web Hosting Yang Perlu Diketahui

Inetmu – Webhosting merupakan sebuah layanan internet sebagai tempat untuk menyimpan data yang dapat diakses melalui internet. Data tersebut bisa berupa file, video, audio, grafis dan lain sebagainya. Jadi Webhosting bisa disebut juga jenis layanan internet hosting yang memungkinkan bagi Anda selaku individu dan organisasi untuk membuat website mereka dapat diakses melalui World Wide Web (WWW). Web Host merupakan perusahaan yang menyediakan ruang pada server yang dimiliki ataupun disewa untuk digunakan oleh para klien. Serta menyediakan konektivitas internet, biasanya berada di sebuah pusat data (data center).

Berikut ini beberapa tipe-tipe web hosting yang bisa Anda ketahui

Free Hosting
Free hosting merupakan tipe web hosting tak berbayar yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan layanan yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan web hosting berbayar. Namun, biasanya akan ada banyak iklan yang akan muncul pada website tersebut dan sebagian lagi tidak memungkinkan untuk memiliki domain pribadi.

Shared Hosting
Webhosting dan tipe-tipenya yang lainnya yaitu shared hosting. Tipe ini merupakan tipe web hosting berbayar yang dimiliki oleh bersama. Website di-host pada server yang juga dimiliki oleh situs-situs yang lainnya. Keuntungan dari shared hosting ini adalah biaya hosting yang lebih murah dikarenakan biaya server dibayarkan oleh banyak situs. Kerugian yang bisa didapat adalah ada banyak situs-situs lain pada server yang mungkin lebih populer dan dapat mempengaruhi kinerja situs pribadi.

Reseller Hosting
Reseller hosting merupakan tipe web hosting berbayar yang pada dasarnya merupakan sebuah shared hosting tapi ada alat tambahan untuk membantu menjual ruang hosting. Reseller hosting ini memiliki pengawasan teknis yang lebih baik jika dibandingkan dengan shared hosting. Tipe ini juga memiliki fasilitas-fasilitas seperti website template gratis, dukungan teknis seperti penanganan isu-isu teknologi, dan nama server pribadi.

Baca juga:  Tips Menentukan Spesifikasi untuk Memilih Web Hosting

Cloud Hosting
Webhosting dan tipe-tipenya yang berikutnya yaitu tipe Cloud hosting. Tipe ini merupakan tipe web hosting berbayar yang mengacu pada teknologi hosting yang cukup baru. Tipe ini memungkinkan ratusan server bekerja sama sehingga terlihat seperti sebuah server raksasa. Idenya adalah bahwa dengan berkembangnya kebutuhan, maka perusahaan hosting dapat menambah lagi komoditas perangkat keras untuk membuat jaringan (grid) yang lebih besar lagi atau awan (cloud).

Virtual Private Server (VPS)
Vitual private server merupakan tipe web hosting berbayar yang berbagi 1 server fisik tetapi bertindak seperti beberapa server yang terpisah. VPS juga merupakan batu loncatan antara shared hosting dan mendapatkan mesin yang berdedikasi. Meskipun setiap contoh VPS berbagi sumber daya perangkat keras (hardware), tapi semuanya bisa dialokasikan sesuai dengan sumber daya komputasi yang tersedia. Sebuah VPS untuk menghindari masalah maka memiliki perangkat lain yang menurunkan website, sambil menghindari biaya server yang tersedia.

Dedicated Server
Webhosting dan tipe-tipenya yang lain yaitu dedicated server. Tipe ini merupakan tipe web hosting berbayar yang menyewa 1 server fisik dari sebuah perusahaan hosting. Kontrol penuh server ini dimiliki pada tipe hosting ini.

Colocation
Tipe ini merupakan tipe web hosting berbayar yang menyewa ruang rak dari sebuah pusat data. Perangkat keras (hardware) server yang memberikan cukup tenaga, pendinginan, keamanan fisik, dan juga uplink internet disediakan sendiri. Untuk perangkat lunaknya (software) server seperti penyimpanan data, prosedur backup, dan yang lainnya menjadi tanggung jawab sendiri.

Inilah seputar webhosting dan tipe-tipenya yang perlu Anda ketahui. Ada banyak tipe hosting yang ada tinggal pilihan ada di tangan Anda. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda terhadap webhosting.

Leave a Reply